Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah : Proses dan Teori Masuknya Hindu Budha Di Indonesia

Sejarah Awal Mula Masuknya Ajaran Hindu dan Budha Di Indonesia

Ocehan Sejarah - Artikel ini akan berbicara mengenai bagaimana proses atau awal mula masuknya ajaran agama Hindu dan Budha di Indonesia. Perlu teman-teman ketahui bahwa sebelum masa penjajahan, Indonesia memiliki cerita sejarah yang berkaitan dengan persolan keyakinan. Dahulu, sebelum masyarakat asli Indonesia yang termasuk dalam rumpun melayu austronesia masih hidup tanpa pedoman hidup, maka datanglah sebuah kepercayaan yang mulai diperkenalkan sebagai pedoman hidup di dunia. Nah, teman-teman sekalian pertanyaannya adalah bagaimana proses datangnya kepercayaan itu ? Dari arah mana dan bagaimana cara penyebarannya ? simak artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Dalam catatan sejarah, pada zaman dahulu kala sebelum datangnya para penjajah ke Tanah Air Indonesia, ternyata sudah ada bangsa lain yang lebih dulu menginjakkan kakinya di Indonesia. Mereka adalah para pedagang dari negeri tirai bambu "china" dan pedagang dari India. Mereka datang bukan untuk menjajah, melainkan untuk berdagang dan menyebarluaskan agama Hindu dan Budha. Agama Hindu dibawa oleh mereka para pedagang dari India, sedangkan agama Buddha diperkenalkan oleh mereka para pedagang dari China. Jalur perdagangan memiliki andil besar bagi perkembangan agama di Indonesia karena Nusantara merupakan pusat perdagangan dunia kala itu.

Berdasarkan beberapa literatur yang ada, proses penyebaran agama Hindu dan Budha di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Sejarah Proses Penyebaran Agama Hindu dan Budha 

Proses penyebaran agama Hindu dan Budha di Indonesia dapat kita simak dari berbagai teori-teori sejarah yang ada yakni :
  1. Teori Brahmana : Teori ini disebutkan oleh Van Leur, ia mengatakan bahwa agama Hindu dibawa oleh beberapa Brahmana atau pendeta, karena hanya para Brahmana yang mengetahui kitab Weda.
  2. Teori Ksatria : Teori ini diperkenalkan oleh Majundar, Moekerji dan Nehru. Mereka sepakat bahwa pembawa agama Hindu ke Indonesia adalah para prajurit India yang berusaha menguasai Indonesia melalui penyebaran agama Hindu. Meski kenyataan bahwa hampir tidak ada kerajaan Hindu di Indonesia yang dikuasai oleh India, walaupun pengaruh India sangat kuat pada masa itu.
  3. Teori Waisya : Teori ini disebutkan oleh Krom, ia menyebutkan bahwa agama Hindu dibawa oleh golongan Waisya atau para pedagang. Teori yang dikemukakan oleh Krom ini cukup kuat akarena pada masa itu banyak pedagang India masuk ke Indonesia sehingga tentunya interaksi antara masayrakat dan pedagang asli Indonesia serta pedagang dari India lebih sering terjadi.
  4. Teori Sudra : Teori ini dikemukakan oleh banyak orang yang menganggap bahwa masuknya agama Hindu ke Indonesia adalah karena adanya kaum Sudra atau para budak yang melakukan penyebaran agama Hindu untuk mengubah nasib mereka.
  5. Teori Nasional : Teori ini dikemukakan oleh F.D.K. Bosch yang mengatakan bahwa dalam proses penyebaran agama Hindu ini, bangsa Indonesia berperan sangat aktif dalam menyebarkan agama Hindu setelah di nobatkan sebagai seorang Hindu. Hal tersebut disimpulkan dari banyaknya temuan budaya India dalam budaya Indonesia.
  6. Teori Arus Balik : Teori Arus Balik ini menjelaskan bahwa sebenarnya penyebaran agama Hindu dilakukan oleh masyarakat asli atau pribumi yang dulunya belajar di India dan sekembalinya ke tanah air, mereka kemudian melakukan penyebaran agama Hindu secara massive.

2. Sejarah Perbandingan Penyebaran Agama Hindu dan Budha di Indonesia

Agama Budha adalah agama yang lahir di Lembah Sungai Gangga (Kapilawastu). Pelopornya adalah Sidharta Gautama. Sidharta lahir pada tahun 563 SM di kerjaan Kapilawastu di Taman Lumbini. Sidharta menyebarkan agama Buddha setelah bertapa dibawah pohon Bodhi dan menemukan jalan yang harus ditempuh untuk mencapai kesempurnaan.

Masuknya agama Buddha di Indonesia itu sekitar awal abad pertama atau saat dimulainya perdagangan melalui jalur laut, namun itu hanyalah perkiraan kedatangan para pedagang dari India atau pun dari China. Sedangkan bukti-bukti yang menyebutkan adanya orang Indonesia yang memeluk agama Budha itu sekitar adab ke-4 M.

Proses Penyebaran agama Budha di Indonesia sama halnya dengan proses masuknya agama Hindu hanya saja agama Budha lebih cepat dan mudah diterima oleh sebagian besar masyarakat karena penyebarannya merata. Berbeda dengan agama Hindu yang mengenal sistem kasta dimana hanya kasta tertentu yang memiliki pengetahuan agama yang lebih dibandingkan yang lainnya. Nilai plus agama Budha disini adalah tidak adanya sistem kasta dalam penganut agama Budha sehingga masyarakat lebih mudah menerima.

Post a Comment for "Sejarah : Proses dan Teori Masuknya Hindu Budha Di Indonesia"